INI DIA BLOG SUKA-SUKA QUW

LIHAT DAN JADIKAN INSPIRASI KALIAN

Rabu, 24 Maret 2010

akuntansi intermediate

BAB 1
AKUNTANSI KEUANGAN DAN STANDAR AKUNTANSI

A.LAPORAN KEUANGAN DAN PELAPORAN KEUANGAN
Akuntansi memiliki 3 karakteristik penting,yakni:
1.Pengidentifikasian,pengukuran,dan pengomunikasian informasi keuangan tentang,
2.Entitas ekonomi kepada,
3.Pihak yang berkepentingan.
Akuntansi keuangan ( financial accounting ) adalah sebuah proses yang berakhir pada Pembuatan laporan keuangan menyangkut perusahaan secara keseluruhan untuk digunakan baik oleh pihak-pihak internal maupun pihak eksternal.
Akuntansi manajerial ( managerial accounting ) adalah proses pengidentifikasian, pengukuran,penganalisisan,dan merencanakan,mengendalikan,dan mengevaluasi operasi sebuah organisasi.
Laporan keuangan merupakan sarana pengomunikasian informasi keuangan Utama kepada pihak-pihak di luar perusahaan.Laporan ini menampilkan sejarah perusahaan yang dikuantifikasi dalam nilai moneter.
Laporan keuangan ( financial accounting ) yang sering disajikan adalah:
1.laporan laba-rugi,
2.laporan ekuitas pemilik atau pemegang saham,
3.neraca,dan
4.laporan arus kas.
Beberapa informasi keuangan hanya dapat atau lebih baik disajikan melalui pelaporan keuangan ( financial accounting ),bukan melalui laporan keuangan formal.Contohnya meliputi: surat presiden direktur atau skedul tambahan dalam laporan tahanan korporasi,prospectus, laporan yang dikeluarkan kepada badan-badan pemerintah,siaran berita,prakiraan manajemen, dan pernyataan mengenai dampak social atau lingkungan perusahaan.

B.AKUNTANSI DAN ALOKASI MODAL
Karena sumber daya yang terbatas,maka manusia berusaha mengawetkan dan menggunakan secara efektif.Akuntan harus mengukur kinerja secara akurat,wajar,dan tepat waktu,agar para manajer dan perusahaan yang tepat mampu menarik modal investasi.Karena para pemakai tersebut dapat menilai pengembalian serta resiko relatif yang berhubungan dengan peluang investasi,maka mereka dapat menyalurkan sumber daya secara lebih efektif.
Proses alokasi modal yang efektif sangat penting bagi kesehatan sebuah perekonomian, merangsang produktivitas,mendorong inovasi,dan menyediakan pasar sekuritas serta pasar kredit yang efisien dan likuid untuk membeli serta menjual sekuritas dan memperoleh serta menjamin pinjaman.

C.TANTANGAN YANG DIHADAPI AKUNTANSI KEUANGAN
Salah satu penyebab keberhasilan ini adalah karena laporan keuangan dan pengungkapan yang berhubungan mampu melaporkan serta mengorganisir informasi keuangan dalam bentuk yang bermanfaat dan handal.Akan tetapi,masih banyak yang harus dilakukan seperti:
• pengukuran non keuangan,
• informasi yang berorientasi ke depan,
• aktiva lunak,dan
• ketepatan waktu.

D.TUJUAN PELAPORAN KEUANGAN
Tujuan pelaporan keuangan ( objectives of financial reporting ) oleh perusahaan bisnis yakni menyediakan informasi :
1.Untuk membuat keputusan investasi,kredit,dan keputusan serupa secara rasional,
2.Dalam menilai jumlah,penetapan waktu,dan ketidakpastian penerimaan kas prospektif,
3.Dengan jelas menggambarkan sumber daya ekonomi dari sebuah perusahaan,klaim terhadap sumber daya tersebut.
Tujuan dari akuntansi dasar akrual (accrual basis accounting ) adalah untuk menjamin agar perusahaan mencatat Kejadian-kejadian yang mengubah laporan keuangan sebuah entitas pada periode terjadinya,bukan pada periode ketika entitas mengeluarkan atau menerima kas.

E.KEBUTUHAN UNTUK MEMBUAT STANDAR
Untuk memenuhi kebutuhan ini,dan untuk memenuhi tanggung jawab pelaporan fidusiari ( fiduciary ) manajemen untuk mengelola aktiva dengan sepenuh hati dan jujur maka disajikan laporan keuangan bertujuan umum ( general purpose financial statement ) yang berupaya mengembangkan seperangkat standar yang dapat diterima umum dan dipraktekkan secara universal.

F.PIHAK-PIHAK YANG TERLIBAT DALAM PENETAPAN STANDAR
Empat organisasi yang berperan besar dalam pengembangan standar akuntansi keuangan (GAAP) di A.S. adalah sebagai berikut:
1.Securities and Exchange Commission (SEC)
2.American Institute of Certified Public Accountans (AICPA)
3.Financial Accounting Standards Board (FASB)
4.Goverment Accounting Standards Board (GASB)

G.PRINSIP-PRINSIP AKUNTANSI YANG DITERIMA UMUM
Prinsip-prinsip akuntansi yang diterima umum (GAAP) memiliki “dukungan otoritatif yang substansial.”Standar ini menentukan sumber prinsip-prinsip akuntansi dan kerangka kerja pemilihan prinsip yang akan digunakan dalam penyusunan laporan keuangan.Standar ini mengelompokkan sumber Utama dari GAAP sebagai berikut:Standar,Interpretasi,dan Posisi Staf FASB; APB Opinions; dan Accounting Research Bulletins AICPA.

H.ISU-ISU DALAM PELAPORAN KEUANGAN
Karena banyak kepentingan bisa dipengaruhi oleh implementasi standar akuntansi,maka kita harus memperhatikan beberapa isu penting,yaitu:
1.Penetapan Standar dalam Lingkungan Politik,
2.Kesenjangan Ekspektasi (Harapan),
3.Standar Akuntansi Internasional,dan
4.Etika dalam Lingkungan Akuntansi Keuangan.

BAB 2
KERANGKA KERJA KONSEPTUAL YANG
MENDASARI AKUNTANSI KEUANGAN

A.KERANGKA KERJA KONSEPTUAL
Kerangka kerja konseptual ( conceptual framework ) serupa dengan konstitusi ( constitution) ialah suatu sistem koheren yang terdiri dari tujuan dan konsep fundamental yang saling berhubungan,yang menjadi landasan bagi penetapan standar yang konsisten dan penentuan sifat,fungsi,serta batas-batas dari akuntansi keuangan dan laporan keuangan.

B.KEBUTUHAN AKAN KERANGKA KERJA KONSEPTUAL
Kerangka kerja konseptual yang baik akan memungkinkan Financial Accounting Standars Board menerbitkan standar-standar yang lebih berguna dan konsisten dari waktu ke waktu.Sekelompok standar dan aturan-aturan yang koheren harus dihasilkan.Masalah-masalah praktis yang baru akan dapat dipecahkan secara cepat jika mengacu pada kerangka teori dasar yang telah ada.

C.PERKEMBANGAN KERANGKA KERJA KONSEPTUAL
Sejak dokumen tersebut dipublikasikan,FASB telah menerbitkan enam statements of financial accounting concept yang berhubungan dengan pelaporan keuangan entitas bisnis,yaitu:
1.SFAC NO.1 “objectives of financial reporting by business enterprises,”yang menyajikan tujuan dan sasaran akuntansi.
2.SFAC NO.2 “Qualitative characteristic of accounting information,”yang menjelaskan
karakteristik yang membuat informasi akuntansi bermanfaat.
3.SFAC NO.3 “elements of financial statements of business enterprises,” yang memberikan definisi dari pos-pos yang terdapat dalam laporan keuangan seperti
aktiva,kewajiban,pendapatan,dan beban.
4.SFAC NO.5 “recognition and measurement in financial statements of business enterprises,”yang menetapkan kriteria pengakuan dan pengukuran fundamental serta pedoman tentang informasi apa yang biasanya harus dimasukkan dalam laporan keuangan dan kapan waktunya.
5.SFAC NO.6 “elements of financial statements,” yang menggantikan SFAC NO.3 dan
memperluas lingkup SFAC NO.3 dengan memasukkan organisasi-organisasi nirlaba.
6.SFAC NO.7 “using cash flow information and present value in accounting measurements,”yang memberikan kerangka kerja bagi pemakaian arus kas masa depan yang diharapkan dan nilai sekarang (present value) sebagai dasar pengukuran.

D.UNSUR-UNSUR LAPORAN KEUANGAN
Salah satu aspek penting dari proses pengembangan struktur teoritis adalah unsur-unsur dasar (basic elements) atau definisi yang akan dimasukkan ke dalam struktur.Berikut unsur-unsur laporan keuangan:
1.aktiva
2.kewajiban
3.ekuitas
4.investasi oleh pemilik
5.distribusi kepada pemilik
6.laba komprehensif
7.pendapatan
8.beban
9.keuntungan
10.kerugian

E.ASUMSI-ASUMSI DASAR
Empat asumsi dasar (basic assumptions) yang mendasari struktur akuntansi keuangan adalah: (1) entitas ekonomi,(2) kelangsungan hidup,(3)unit moneter, dan (4) periodisitas.

F.PRINSIP-PRINSIP DASAR AKUNTANSI
Empat prinsip dasar akuntansi (principles of accounting) yang digunakan untuk mencatat transaksi adalah: (1) biaya historis,(2)pengakuan pendapatan,(3)penandingan, dan (4) pengungkapan penuh.

G.KENDALA
Dalam menyediakan informasi yang mengandung karakteristik kualitatif agar membuatnya menjadi berguna,dua kendala (constraints) yang dominan harus diperhitungkan: (1) hubungan biaya-manfaat, dan (2) materialitas.Dua kendala penting lainnya yang kurang dominan,namun merupakan bagian dari lingkungan pelaporan,adalah praktek industri dan konservatisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar